KHUTBAH JUMAT | Maulid Berkah, Momentum Perkuat Dakwah

Editor Orang yang amal ibadahnya diterima di sisi Allah akan merasakan kebahagiaan ketika di dunia./foto via sindonews/ist.
Silahkan bagikan

Khutbah I

الْحَمْدُ لِلّٰهِ وَاسِعِ الْفَضْلِ وَالْاِحْسَانِ، وَمُضَاعِفِ الْحَسَنَاتِ لِذَوِي الْاِيْمَانِ، اَلْغَنِيِّ الَّذِيْ لَمِ تَزَلْ سَحَائِبُ جُوْدِهِ تَسِحُّ الْخَيْرَاتِ كُلَّ وَقْتٍ وَأَوَانٍ، العَلِيْمِ الَّذِيْ لَايَخْفَى عَلَيْهِ خَوَاطِرُ الْجَنَانِ، اَلْحَيِّ الْقَيُّوْمِ الَّذِيْ لَاتَغِيْضُ نَفَقَاتُهُ بِمَرِّ الدُّهُوْرِ وَالْأَزْمَانِ. أَحْمَدُهُ حُمْدًا يَفُوْقُ الْعَدَّ وَالْحُسْبَانِ، وَأَشْكُرُهُ شُكْرًا نَنَالُ بِهِ مِنْهُ مَوَاهِبَ الرِّضْوَانِ. أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا اللّٰه وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ دَائِمُ الْمُلْكِ وَالسُّلْطَانِ، وَمُبْرِزُ كُلِّ مَنْ سِوَاهُ مِنَ الْعَدَمِ اِلَى الْوِجْدَانِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَخِيْرَتُهُ مِنْ نَوْعِ الْاِنْسَانِ، نَبِيٌّ رَفَعَ اللهُ بِهِ الْحَقَّ حَتَّى اتَّضَحَ وَاسْتَبَانَ. أَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَهْلِ الصِّدْقِ وَالْاِحْسَانِ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَاِيَايَ أَوَّلاً بِتَقْوَى اللهِ تَعَالىَ وَطَاعَتِهِ بِامْتِثَالِ أَوَامِرِهِ وَاجْتِنَابِ نَوَاهِيْهِ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ: قُلْ بِفَضْلِ اللّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُواْ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Alhamdulillâhi rabbil alamin, segala puji dan sanjung mari senantiasa kita haturkan kepada Allah swt, karena berkah qudrah dan iradah-Nya, kita semua bisa senantiasa istiqamah menunaikan ibadah shalat Jumat.

Semoga ibadah yang kita lakukan ini menjadi ibadah yang diterima oleh-Nya dan menjadi bukti bahwa kita semua termasuk hamba-hamba-Nya yang taat pada perintah-Nya. Shalawat dan salam mari senantiasa kita haturkan kepada junjungan dan panutan kita bersama, yaitu Nabi Muhammad saw, yang sejarah keteladanannya akan terus menjadi referensi terbaik untuk dijadikan pedoman hidup agar selamat di dunia dan akhirat. Semoga kita semua diakui sebagai umatnya, dan mendapatkan limpahan syafaatnya kelak di hari kiamat. Amin ya rabbal âlamin.

Selanjutnya, sebagai awal dalam memulai khutbah Jumat di atas mimbar yang mulia ini, sudah seharusnya bagi kami selaku khatib untuk mengajak diri sendiri, keluarga, dan semua jamaah yang turut hadir pada pelaksanaan salat Jumat ini, agar terus berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt, dengan sebenar-benarnya takwa, yaitu dengan mengerjakan semua kewajiban dan meninggalkan larangan-Nya. Selalu berusaha untuk bisa istiqamah mengerjakan kewajiban dan meninggalkan larangan merupakan puncak dari ketakwaan. Orang-orang yang sudah bisa menjaganya, berarti ia sudah tergolong dari orang-orang yang bertakwa.

Jika tidak, maka sudah waktunya untuk berbenah dan berusaha menjadi manusia yang bertakwa. Sebab, takwa akan menjadi bekal terbaik bagi semua umat Islam untuk dibawa menuju akhirat, sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an, Allah swt berfirman:

Baca Juga :  Lahir 1 Juli, Dapat SIM Gratis hingga Doorprize saat HUT Bhayangkara

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَا أُولِي الأَلْبَابِ

Artinya, “Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.” (QS Al-Baqarah [2]: 197).

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Dakwah merupakan salah satu upaya untuk mengajak dan menyeru sesama agar terus berada dalam kebenaran dan kemaslahatan. Dakwah tidak harus berada di atas mimbar atau pun di panggung-panggung besar, namun bisa kita lakukan mulai dari diri kita, keluarga, tetangga dan masyarakat luas. Karena itu, kita semua sebagai umat Islam memiliki tanggung jawab untuk terus berdakwah dan mengajak pada kebenaran. Keharusan berdakwah sebagaimana ditegaskan oleh Allah swt dalam Al-Qur’an, yaitu:

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Artinya, “Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS Ali ‘Imran, [3]: 104).

Merujuk pada penjelasan Syekh Muhammad Mutawalli asy-Sya’rawi dalam kitab Tafsir wa Khawathirul Umam, ia menjelaskan bahwa ayat ini merupakan perintah kepada semua umat Islam untuk saling mengajak pada kebaikan.

Orang yang tahu banyak hal tentang kewajiban-kewajiban dalam Islam, maka ia wajib untuk mengajak orang lain untuk mengerjakan kewajiban tersebut. Bahkan orang yang hanya tahu pada satu hukum wajib, ia harus mengajak orang lain yang belum tahu pada hukum tersebut.

Oleh karena itu, kita semua memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk saling mengajak dan mengingatkan kepada sesama. Jika saudara seagama kita tergelincir pada kesalahan, maka tugas kita adalah menasihatinya, kemudian mengajaknya kembali pada jalan yang benar.

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Berdakwah pada hakikatnya bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja. Termasuk juga berdakwah pada momentum-momentum perayaan maulid nabi.

Perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad merupakan momentum yang sangat tepat untuk berdakwah, mengenalkan sosok Nabi Muhammad yang sangat mulia dan luhur, menceritakan semua keteladanan hidupnya yang penuh dengan kesabaran, dan mengajak pada kebaikan.

Menjadikan acara-acara maulid untuk sarana dakwah merupakan salah satu perbuatan yang sangat mulia. Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki dalam kitab al-I’lam bi Fatawa Aimmatil Islam Haula Maulidihi ‘alaihis Shalatu was Salam, ia mengatakan:

Baca Juga :  Korban Tewas Gempa Haiti Mencapai 1.297 Orang

أَنَّ هَذِهِ الْاِجْتِمَاعَاتِ هِيَ وَسِيْلَةٌ كُبْرَى لِلدَّعْوَةِ إِلَى اللهِ وَهِيَ فُرْصَةٌ ذَهَبِيَّةٌ يَنْبَغِي أَنْ لَا تَفُوْتَ، بَلْ يَجِبُ عَلَى الدُّعَاةِ وَالْعُلَمَاءِ أَنْ يَذْكُرُوْا الْأُمَّةَ بِالنَّبِي، بِأَخْلَاقِهِ وَآدَابِهِ وَأَحْوَالِهِ وَسِيْرَتِهِ وَمُعَامَلَتِهِ وَعِبَادَاتِهِ وَأَنْ يُنْصِحُوْهُمْ وَيُرْشِدُوْهُمْ إِلَى الْخَيْرِ وَالْفَلَاحِ وَيُحَذِّرُوْهُمْ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْبِدَعِ وَالشَّرِّ وَالْفِتَنِ

Artinya, “Sesungguhnya perkumpulan-perkumpulan (maulid) ini adalah sarana terbesar untuk berdakwah (mengajak) kepada Allah, dan merupakan kesempatan emas yang semestinya tidak terlewatkan. Bahkan para pendakwah dan ulama mesti mengingatkan umat perihal Nabi Muhammad saw, tentang akhlaknya, etika sopan santunnya, keadaannya, sejarah hidupnya, muamalah dan ibadahnya. Memberikan nasihat kepada kaum Muslimin, menunjukkan jalan kebaikan dan kemenangan, memperingatkan mereka perihal musibah, bid’ah, kejelekan dan fitnah.”

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Orang-orang yang berdakwah, mengajarkan orang lain tentang kebaikan akan mendapatkan kemuliaan yang sangat agung, yaitu akan mendapatkan doa dari para malaikat dan semua makhluk yang ada di dunia ini, hal ini sebagaimana ditegaskan dalam salah satu hadits Rasulullah saw:

إنَّ الله وملائِكَتَه وأهْلَ السَّمواتِ والأرضِ حتى النَّملةَ في جُحْرِها ، والحيتان في البَحْرِ لَيُصَلُّون على مُعَلِّم الناس الخيرَ

Artinya, “Sesungguhnya Allah swt memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (HR at-Tirmidzi).

Selain itu, orang yang berdakwah dengan mengajak untuk melakukan kebaikan akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang mengerjakan kebaikan tersebut, sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah dalam salah satu haditsnya:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

Artinya, “Siapa saja yang menunjukkan kebaikan (kepada orang lain), maka baginya pahala yang sama dengan orang yang mengerjakan (kebaikan) tersebut.” (HR Ibnu Mas’ud).

Ma’asyiral Muslimin jamaah Jumat yang dirahmati Allah

Dari beberapa uraian materi khutbah Jumat ini, dapat disimpulkan bahwa momentum perayaan maulid nabi merupakan salah satu sarana yang sangat tepat untuk dijadikan media dakwah, mengenalkan sifat dan keteladanan nabi, serta mengajak orang lain untuk terus istiqamah dalam mengerjakan kebaikan.

Orang-orang yang bisa berdakwah dan mengajak orang lain untuk terus berada dalam jalan kebaikan akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah swt, dan akan didoakan oleh semua penduduk bumi, bahkan hewan-hewan melata dan ikan-ikan yang ada di dalam lautan.

Baca Juga :  Mulai 24 Maret Sepeda Non-Lipat Boleh Naik MRT, Ini Ketentuannya

Demikian khutbah perihal menjadikan bulan maulid yang penuh berkah ini sebagai sarana untuk berdakwah. Semoga bisa membawa manfaat dan keberkahan bagi kita semua, dan digolongkan sebagai hamba yang istiqamah dalam menjalankan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Amin ya rabbal alamin.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ هَذَا الْيَوْمِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَاِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْاَنِ وَجَمِيْعِ الطَّاعَاتِ، وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ جَمِيْعَ أَعْمَالِنَا إِنَّهُ هُوَ الْحَكِيْمُ الْعَلِيْمُ، أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ، اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَااِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، اِلَهٌ لَمْ يَزَلْ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ وَكِيْلًا. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَحَبِيْبُهُ وَخَلِيْلُهُ، أَكْرَمِ الْأَوَّلِيْنَ وَالْأَخِرِيْنَ، اَلْمَبْعُوْثِ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ كَانَ لَهُمْ مِنَ التَّابِعِيْنَ، صَلَاةً دَائِمَةً بِدَوَامِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِيْنَ أَمَّا بَعْدُ: فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَذَرُوْا الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ. وَحَافِظُوْا عَلَى الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ وَالصَّوْمِ وَجَمِيْعِ الْمَأْمُوْرَاتِ وَالْوَاجِبَاتِ. وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ بِنَفْسِهِ. وَثَنَى بِمَلَائِكَةِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ. إِِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً اللهم صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِيْ العَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اللهم اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وِالْأَمْوَاتِ. اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَةً، اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ عِبَادَ اللهِ، اِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِ ذِيْ الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوْا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرُكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ

@mpa/nu/sunnatullah

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Waktu Terbaik untuk Memesan Penerbangan, Ini Panduan Lengkapnya

Jum Sep 29 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Memesan penerbangan bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, terutama jika anggaran Anda terbatas. Namun tahukah Anda bahwa waktu adalah segalanya dalam menemukan penawaran terbaik? Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga penerbangan, dan waktu pemesanan optimal dapat bervariasi tergantung pada tujuan, waktu dalam setahun, dan maskapai […]