Mengenal Malam Nisfu Sya’ban, Malam Penuh Ampunan dan Keberkahan

Editor Ilustrasi orang berdoa./eramuslim.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Umat Islam di seluruh dunia akan menyambut malam Nisfu Sya’ban yang jatuh pada Sabtu (24/2/2024) malam. Malam ini merupakan malam ke-15 di bulan Sya’ban, salah satu bulan istimewa dalam kalender Islam. Malam ini juga dikenal sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan, karena di malam ini Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang memohon ampunan.

Malam Nisfu Sya’ban memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Di antaranya adalah Allah SWT akan turun ke langit dunia dan mengawasi hamba-Nya. Allah SWT akan memberikan rahmat, kasih sayang, dan pengampunan kepada siapa pun yang memintanya, kecuali orang-orang yang musyrik (menyekutukan Allah) dan musyahin (bermusuhan dengan sesama Muslim).

Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam Nisfu Sya’ban, Allah melihat kepada makhluk-Nya, lalu Dia mengampuni mereka semua, kecuali orang yang musyrik atau orang yang menyimpan kedengkian dalam hatinya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memanfaatkan malam Nisfu Sya’ban dengan memperbanyak amalan-amalan sunnah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Beberapa amalan sunnah yang disarankan adalah sebagai berikut:

1. Perbanyak doa.

Doa adalah senjata orang beriman dan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Di malam Nisfu Sya’ban, doa-doa akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, hendaknya kita memperbanyak doa untuk diri sendiri, keluarga, saudara, dan umat Islam secara umum. Kita juga dapat meminta ampunan, keselamatan, kesehatan, rezeki, ilmu, hidayah, dan apa pun yang baik bagi kita di dunia dan akhirat.

2. Perbanyak bersyahadat.

Syahadat adalah kalimat yang mengakui keesaan Allah SWT dan kenabian Muhammad SAW. Syahadat adalah pondasi iman dan syarat masuk Islam. Syahadat juga merupakan kalimat yang paling dicintai oleh Allah SWT. Membaca syahadat dapat menguatkan iman, menghapus dosa, dan menenangkan hati. Syahadat juga dapat menjadi syafaat bagi kita di akhirat. Oleh karena itu, kita disarankan untuk memperbanyak membaca syahadat, terutama di malam Nisfu Sya’ban.

Baca Juga :  Guru SMPN Hajar Siswa,  Reni Astuti : Itu Kesalahan Fatal dan Disanksi Berat

3. Perbanyak istighfar.

Istighfar adalah meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan dan dosa yang telah kita lakukan. Istighfar adalah tanda taubat dan kesadaran akan kelemahan diri. Istighfar juga merupakan sebab untuk mendapatkan ampunan, rahmat, dan kasih sayang Allah SWT. Istighfar juga dapat membuka pintu-pintu rezeki, kemudahan, dan kebahagiaan. Oleh karena itu, kita disarankan untuk memperbanyak istighfar, terutama di malam Nisfu Sya’ban.

Demikian tiga amalan sunnah yang dapat kita lakukan di malam Nisfu Sya’ban. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita dan mengampuni dosa-dosa kita. Semoga kita termasuk hamba-hamba yang mendapatkan keutamaan dan keberkahan malam Nisfu Sya’ban. Aamiin.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Netizen Tagih Janji Pria Keliling Kediri "Bugil" Apabila Paslon 02 Prabowo Gibran Menang Satu Putaran

Sen Feb 19 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KEDIRI – Media sosial Kediri sedang dihebohkan dengan aksi tagih janji kepada seorang pria yang akan jalan keliling Kediri tanpa busana apabila paslon nomor 02 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka menang Pemilu 2024 satu putaran. Pria dengan nama akun facebook @Ahmad Abil Alhuda itu kini dikejar-kejar […]