Olahraga Berkuda Ada 12 Manfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Berkuda mungkin merupakan olahraga yang tidak terlalu populer di Indonesia. Meski begitu, olahraga ini sebenarnya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental.

Kamu mungkin bertanya-tanya manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas yang hanya menunggangi seekor kuda? Karena itu, ketahui apa saja manfaatnya di sini.

Apa Manfaat dari Olahraga Berkuda untuk Kesehatan?
Jangan kira menunggang kuda tidak menguras energi dan tenaga. Aktivitas ini juga termasuk jenis olahraga yang bisa membakar kalori melalui gerakan tubuh yang teratur.

Tak hanya itu, secara umum ada beberapa manfaat berkuda untuk kesehatan fisik dan mental, seperti:

1. Meningkatkan kekuatan inti tubuh

Otot-otot penstabil yang membentuk inti tubuh meliputi perut, pinggul, dan punggung bawah. Memiliki inti tubuh yang kuat bisa memberi banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya seperti, mencegah cedera, meningkatkan kinerja olahraga, mengurangi nyeri punggung bawah dan memberikan postur tubuh yang lebih baik.

Olahraga berkuda mampu meningkatkan kekuatan area tubuh tersebut. Bukan hanya untuk penggunaan sehari-hari, tapi juga untuk menjadi penunggang kuda profesional.

2. Membantu memperbaiki postur tubuh

Memiliki otot perut dan punggung bawah yang kuat juga penting untuk mempertahankan posisi berdiri dan duduk yang baik. Berkuda adalah latihan yang bagus untuk memperbaiki postur tubuh karena otot inti yang menjadi targetnya.

Selain memperkuat otot inti, menunggang kuda juga membantu memperbaiki postur tubuh, karena kamu perlu melakukan pose tertentu untuk menjaga keseimbangan. Dengan mempraktikkan posisi berkendara yang benar, kamu pun bisa memiliki postur tubuh yang lebih baik.

Postur tubuh membungkuk dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Baca selengkapnya di artikel Postur Tubuh Bungkuk, Waspada Gejala Kifosis.

Baca Juga :  Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Menkominfo Ajak Tingkatkan Kerja Sama Siapkan Regulasi Hak Penerbit

3. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Berkuda tidak hanya melatih keseimbangan ketika sedang menungganginya, tapi juga melatih koordinasi saat mengarahkan kuda ke arah yang berbeda.

Jadi, keseimbangan dan koordinasi adalah dua keterampilan penting yang bisa ditingkatkan bila kamu melakukan aktivitas fisik ini secara rutin. Agar lebih menantang, bisa juga sambil mempelajari cara melewati tong, meloncati pagar atau rintangan lainnya.

4. Meningkatkan kekuatan dan tonus otot

Menunggang kuda merupakan latihan isometrik yang melatih hampir semua otot tubuh dan juga menjaga kekuatannya. Selain otot inti, jenis olahraga ini juga melatih otot di punggung, dada, paha bagian dalam dan juga panggul.

5. Memperkuat jantung

Berolahraga juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sekilas menunggang kuda tampak seperti olahraga yang mudah, tapi nyatanya itu bisa membuat kamu banyak berkeringat.

Menunggangi hewan sebesar dan seberat kuda sambil mengendalikannya saat mengikuti jalur bisa membuat kamu terengah-engah dalam waktu singkat.

Nah, bila kamu terengah-engah, itu tandanya jantung kamu pun sedang ‘berolahraga’. Itulah mengapa rutin melakukan olahraga ini meningkatkan kesehatan jantung dan membuatnya bekerja lebih efisien.

6. Mengurangi stres

Berkuda memungkinkan kamu untuk beristirahat sejenak dari keseharian yang membuat stres dan merasakan udara segar. Menghabiskan waktu dengan hewan dan berolahraga juga dapat melepaskan hormon serotonin. Hormon ini bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres.

7. Memberikan efek terapeutik

Berinteraksi dengan kuda juga memiliki manfaat terapeutik. Hal ini menyebabkan munculnya pengobatan Equine-Assisted Therapy (EAT).

Manfaat kegiatan ini untuk kesehatan mental ini dapat membantu mengobati mereka yang mengidap gangguan mental. Contohnya attention deficit disorder (ADD), kecemasan, autisme, depresi, demensia, dan kondisi kesehatan mental lainnya.

Baca Juga :  PT.PLN (Persero) Serahkan CSR untuk Program Bambu Juara

8. Membangun rasa percaya diri saat berkuda

Rasa percaya diri memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mental seseorang. Individu yang kurang percaya diri cenderung lebih rentan terhadap kecemasan dan depresi. Menunggang kuda, selain memerlukan keberanian, juga membutuhkan tingkat percaya diri yang tinggi.

Ketika seseorang akan melakukan olahraga ini, penting untuk memiliki keyakinan bahwa mereka mampu mengendalikan hewan yang kuat dan mungkin liar. Karena itu, menunggang kuda dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

9. Memiliki kemampuan mengendalikan diri yang baik

Olahraga yang juga terkenal dengan istilah equestrian ini juga membantu mengembangkan kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri. Olahraga ini membutuhkan ketenangan dan kestabilan emosi.

Sebab, kuda dapat merasakan emosi penunggangnya yang membuat hewan ini juga bisa tidak terkendali. Semakin penunggang kuda bisa mengendalikan emosinya sendiri, maka dia bisa mengendalikan tunggangannya.

10. Lebih sensitif terhadap makhluk hidup

Aktivitas berkuda secara tidak langsung membangun sensitivitas terhadap makhluk hidup lainnya. Sebab, saat menunggangi kuda, penunggangnya perlu membangun ikatan emosional dengan kudanya.

Tujuannya agar bisa melakukan gerakan berjalan, berlari, melompat, atau kapan tahu berhenti. Sensitivitas terhadap makhluk hidup akan membuat penunggang menjadi lebih peka dan berempati.

Memiliki relasi dan interaksi dengan hewan juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Yuk, baca penjelasannya di artikel Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental.

11. Mendorong untuk bersosialisasi

Latihan menunggang kuda melibatkan berbagai bentuk interaksi sosial, membuatnya menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. Selain itu, olahraga berkuda juga memungkinkan seseorang untuk bertemu dengan orang-orang baru dan membentuk pertemanan.

@uli/halodoc

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menjelajahi Dunia Hibah dan Beasiswa Perjalanan

Ming Okt 8 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Pernah bermimpi menggabungkan nafsu berkelana Anda dengan arus kas yang stabil? Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, bukan? Namun ada hal yang menarik: ada sejumlah hibah perjalanan dan beasiswa yang menunggu para petualang yang bersemangat seperti Anda. Jadi, siapkan sepatu eksploratif Anda, saat saya menjelaskan […]