Hari ini Tanggul Braga yang Jebol akibat Luapan Air Ditargetkan Selesai Diperbaiki

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG -Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berupaya untuk menuntaskan tanggul jebol akibat banjir yang menerjang kawasan Braga pada Jumat 11 Januari 2024 kemarin.

Hal itu disampaikan Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono disela-sela peninjauan, Jumat (12/1/2024).

“Sesuai arahan pak PJ Gubernur (Jawa Barat) hari ini diupayakan untuk selesai perbaikan tanggul,” kata Bambang.

Ia mengungkapkan, tanggul sepanjang 20 meter akan diperbaiki. Pasalnya tanggul tersebut bisa menahan aliran air Sungai Cikapundung.

“Jadi ada tanggul sekitar 10 – 12 meter. Ini kita pastikan hari ini selesai. Itu mungkin salah satu faktor penyebab melimpasnya air dari Sungai Cikanpundung ke perumahan warga,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung, Didi Ruswandi mengungkapkan, selain diperbaiki, tanggul juga akan ditinggikan. Material yang digunakan akan lebih baik dari sebelumnya, sehingga diharapkan akan kokoh sebagai tanggul.

“Bahannya lebih tebal lagi. Kita gunakan bahan yang bagus,” ujarnya.

Saat ini, kata Didi, 5 UPT yang ada di seluruh Kota Bandung dikerahkan untuk memperbaiki tanggul tersebut.

“Arahan pak Pj (Gubernur) sehari (selesai). Kita kerahkan 5 UPT. Kita harus pembersihan dulu sisa materialnya, sampai perbaikan dan ini untuk akses ke dalamnya lebih mudah,” ujarnya.

Sedangkan Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin meminta perbaikan tanggul rampung dalam satu hari.

“Hari ini harus segera selesai, tentu dengan dipantau juga,” tegas Bey.

Di luar itu, Bey mengimbau agar warga selalu waspada dalam kondisi cuaca saat ini. Apalagi kawasan Bandung masih berpeluang diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

“Dalam beberapa waktu ke depan hujan dengan intensitas lebat dan sangat lebat diperkirakan akan terjadi di Jawa Barat. Oleh karena itu masyarakat harus berhati-hati,” tuturnya.Kamis 11 Januari 2024 malam.

Baca Juga :  Penanganan Rutilahu Tahun Ini Akan Dilaksanakan

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono memastikan proses evakuasi terus berjalan. Hingga pukul 20.00 WIB, tim dari Diskar PB, DSDABM, Dinkes, dan Dinas Sosial Kota Bandung terus melakukan identifikasi.

“Kami sedang melakukan identifikasi dan mengevakuasi warga yang terdampak. Jangan sampai ada warga yang tidak teridentifikasi,” ujar Bambang saat memonitor kawasan pemukiman di RW 04, Kelurahan Braga.

Selanjutnya, Bambang menyebut tanggul yang diduga jebol sehingga menyebabkan banjir di kawasan tersebut akan diperbaiki besok. Adapun untuk mencegah potensi kebencanaan di musim hujan, Pemkot Bandung akan berkoordinasi dengan Pemprov Jabar.

“Semoga dengan kecepatan memperbaiki tanggul, ini dapat mencegah adanya potensi yang tidak diharapkan. Per malam ini, yang bisa kami lakukan adalah melakukan identifikasi dan evakuasi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana memastikan, sejauh ini tidak ditemukan adanya korban jiwa akibat banjir yang melanda kawasan pemukiman di Kawasan Jalan Braga ini.

Adapun korban terdampak saat ini dievakuasi ke beberapa titik. Salah satunya aula RW 08 Kelurahan Braga.

“Kami masih melakukan asesmen. Sejauh ini belum dilaporkan ada korban jiwa. Dan kami berharap tidak ada. Secepatnya akan kami sampaikan hasil asesmen tersebut,” ujar Gun Gun.

Kawasan itu pada Kamis (11/1/2024) kemarin dilanda banjir akibat adanya tanggul di pemukiman yang jebol sehingga air dari Sungai Cikapundung meluber ke rumah warga.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tagana Kota Bandung Siapkan 900 Porsi Bagi Warga Braga yang Terdampak Banjir

Jum Jan 12 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bandung menyiapkan dapur umum untuk warga Braga yang terdampak banjir pada Kamis (11/1/2024). Sehari, dapur umum akan membuat 900 porsi makanan untuk warga terdampak banjir. “Kita siapkan 300 porsi untuk pagi, 300 porsi siang, dan 300 porsi malam,” ungkap […]