Olah Raga Jalan Kaki Sambil Berpuasa? Ini Tipsnya

Editor Ilustrasi jalan kaki/shutterstock/milatas on/via liputan6.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Selama berpuasa menjaga kebugaran fisik harus tetap dilakukan hanya jangan sampai aktivitas itu membatalkan puasa yang menjadi kewajiban utama kita.

Berikut adalah beberapa tips untuk berolahraga jalan kaki saat berpuasa yang aman dan dapat membantu Anda tetap bugar:

1. Tentukan Waktu Olahraga yang Tepat

Berolahraga sebelum sahur atau menjelang berbuka puasa adalah waktu yang ideal. Sebelum sahur, energi masih tersimpan banyak, dan menjelang berbuka, tubuh akan segera mendapatkan asupan energi baru.

2. Pilih Jenis Olahraga yang Ringan

Jalan kaki adalah pilihan yang baik karena tidak terlalu menguras cairan tubuh dan tenaga. Ini penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghindari kelelahan.

3. Durasi Olahraga

Durasi olahraga yang disarankan saat puasa tidak lebih dari 50 menit dalam sehari. Ini untuk menjaga agar tubuh tidak terlalu banyak kehilangan cairan dan kelelahan.

4. Manfaat Olahraga Saat Puasa

Olahraga saat puasa dapat menjaga kebugaran tubuh, menjaga metabolisme, dan stabilisasi mood melalui pelepasan hormon endorfin¹.

5. Perhatikan Tanda-tanda Dehidrasi

Jika Anda merasa lemas atau menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, segera hentikan olahraga dan istirahat⁵.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menjaga kebugaran dan kesehatan selama bulan puasa sambil menikmati manfaat dari olahraga jalan kaki. Selamat berpuasa dan tetap sehat!

@mpa

Baca Juga :  Sekretaris Partai Golkar Kab. Bandung : Proses PAW Masih Dalam Pertimbangan DPP

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kebakaran di Bandung: Warga Cibangkong Berjuang Melawan Api

Ming Mar 24 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Dini hari yang seharusnya tenang di salah satu pemukiman padat penduduk di Bandung terganggu oleh suara sirene dan keriuhan. Sebuah musibah kebakaran telah terjadi di Jl. Cintaasih Selatan RT. 04/12, kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, kota Bandung pada Minggu, 24 Maret 2024, sekitar pukul 03.30 WIB. […]