Melongok Pantai Karangsong, Sentra Bisnis Ikan Laut di Indramayu

Editor Para nelayan melepas sauh di Pantai Karangsong, di darat bisa berbulan-bulan, kalau sudah melaut juga bisa bulanan. Foto diambil Sabtu (20/1/2024). /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | INDRAMAYU – Pantai Karangsong adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pantai ini terkenal dengan kegiatan nelayan mulai dari pembuatan kapal, mencari ikan, tempat pelelangan ikan, hingga tempat berlabuhnya kapal nelayan untuk menurunkan hasil tangkapan lautnya.

Pantai Karangsong juga menjadi salah satu penyumbang produksi ikan terbesar di Jawa Barat. Ikan-ikan yang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong ditangkap dari berbagai perairan di Indonesia, seperti perairan Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Papua. Mayoritas ikan yang dilelang di Karangsong seringnya didistribusikan ke wilayah Jakarta.

Kehidupan nelayan di Pantai Karangsong tidak lepas dari tantangan dan risiko. Selain harus menghadapi cuaca dan gelombang laut yang tidak menentu, mereka juga harus bersaing dengan nelayan-nelayan lain yang menggunakan alat tangkap yang lebih modern dan efisien. Selain itu, mereka juga harus mengikuti aturan dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah terkait pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

“Saya sudah menjadi nelayan sejak kecil. Saya ikut ayah saya mencari ikan di laut. Sekarang saya punya kapal sendiri dan saya bawa anak saya juga. Saya berharap anak saya bisa meneruskan usaha saya ini. Tapi saya juga ingin dia sekolah tinggi-tinggi biar punya ilmu lebih banyak,” ujar Takyadi (57), nelayan di Pantai Karangsong kepada VISI.NEWS, Sabtu (20/1/2024)

Sedangkan Rina (37) salah seorang pekerja di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) mengatakan bahwa mayoritas warga bekerja dari pengelolaan produk laut. “Saya bekerja di TPI Karangsong sebagai penimbang ikan. Saya bertugas menimbang ikan yang dibawa oleh nelayan dan mencatat harganya. Saya juga membantu mengatur proses pelelangan ikan. Saya senang bekerja di sini karena saya bisa berinteraksi dengan banyak orang dan mendapatkan penghasilan yang cukup,” kata pekerja di TPI Karangsong.

Baca Juga :  Peran UMK Semakin Vital, Perumnas Salurkan Bantuan Alat Produksi

Di kawasan Karangsong juga ada warga yang khusus menjadi perajin pembuatan kapal penangkap ikan, dari mulai ukuran kecil dengan hara puluhan juta hingga kapal nelayan besar berharga miliaran rupiah.

“Saya pembuat kapal di Pantai Karangsong. Saya belajar membuat kapal dari kakek saya. Saya membuat kapal dari kayu yang saya beli dari pedagang. Kami di sini bisa membuat kapal dengan berbagai ukuran dan bentuk sesuai dengan permintaan pelanggan. Kami bangga dengan pekerjaan ini karena bisa membantu nelayan mendapatkan alat transportasi yang baik,” ungkap Nono (36) salah seorang perajin di sini.

Pantai Karangsong tidak hanya menjadi tempat bagi nelayan dan pekerja, tetapi juga menjadi tempat wisata bagi masyarakat luas. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan pasir putih dan hutan mangrove yang hijau. Pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat parkir, toilet, warung makan, dan gazebo. Pantai ini juga cocok untuk bersantai dan memancing⁴.

Pantai Karangsong merupakan salah satu aset penting bagi Kabupaten Indramayu. Pantai ini menjadi saksi bisu dari perjuangan dan kesejahteraan nelayan dan pekerja di bidang perikanan. Pantai ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan lokal. Pantai ini menjadi bukti bahwa kehidupan nelayan di Pantai Karangsong Indramayu adalah kehidupan yang penuh warna dan dinamika.

Ikan Hiu Paling Laku

Jenis ikan yang paling banyak dijual di Pantai Karangsong Indramayu adalah ikan hiu. Ikan hiu berbagai jenis banyak sekali ditemukan di tempat pelelangan ikan (TPI) Karangsong, baik yang sedang diturunkan dari kapal nelayan, maupun yang sudah dipotong siripnya³. Ikan hiu seringnya didistribusikan ke wilayah Jakarta.

Baca Juga :  Sangkuriang Nyaleg (67)

Selain ikan hiu, ada juga ikan-ikan lain yang ditangkap dari berbagai perairan di Indonesia, seperti perairan Jawa, Kalimantan, Sumatera dan Papua. Beberapa jenis ikan yang sering dijual di Pantai Karangsong antara lain ikan tongkol, ikan cakalang, ikan layang, ikan kembung, ikan tenggiri, ikan kakap, ikan kerapu, ikan pari, ikan bawal, ikan tuna, ikan marlin, ikan gurita, ikan cumi-cumi, ikan udang, dan ikan kerang.

Ikan-ikan yang dijual di Pantai Karangsong tidak hanya menjadi sumber penghasilan bagi nelayan dan pekerja, tetapi juga menjadi kuliner lezat bagi wisatawan. Di sekitar Pantai Karangsong banyak terdapat ikan bakar yang memiliki rasa manis dan gurih. Selain ikan bakar, Anda juga wajib mencicipi kerang hijau dan tahu gejrot.

@nia

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Raih 257 Penghargaaan, Bupati Dadang Supriatna Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat Kabupaten Bandung

Sab Jan 20 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Selama 2 tahun 8 bulan atau sejak 2021-2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung berhasil meraih banyak penghargaan. Berdasarkan catatan sejarah kepemimpinan Bupati Bandung Dadang Supriatna, sebanyak 257 penghargaan yang turut dibukukan. Tentunya penghargaan yang diraih Pemkab Bandung ini bukan tanpa sebab, melainkan atas dedikasi dan loyalitas […]